Pemprov Sulut Tandatangani MOU dengan Bank SulutGo

  • Jumat, 06 November 2020 - 04:35:52 WIB
  • Administrator
Pemprov Sulut Tandatangani MOU dengan Bank SulutGo

Manado - Pjs. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr.Drs Agus Fatoni M.Si menghadiri kegiatan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan Bank SulutGo di Ruang Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (4/11/2020).

Mengawali sambutannya, Pjs. Gubernur Agus Fatoni menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan seluruh jajaran yang selama ini telah mendampingi Pemprov. Sulut dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulut dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan yang baik.

Baik di bidang aset, pendapatan asli daerah termasuk juga dalam peningkatan akuntabilitas dan penyelesaian berbagai persoalan yang selama ini dialami oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota yang ada di Sulut.

“Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran KPK. Teman-teman OPD menyambut antusias. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bank SulutGo atas sinergitas selama ini, baik dalam pengelolaan keuangan, peningkatan PAD, peningkatan perekonomian masyarakat, investasi maupun dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Fatoni.

“Sinergi yang terus dilakukan bank SulutGo dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sangat membantu mempercepat dalam peningkatan tujuan otonomi daerah,” sambungnya.

Dalam kegiatan ini, dilakukan penandatanganan MOU dan PKS oleh masing-masing Bupati dan Walikota se-Provinsi Sulut, disaksikan langsung Pjs. Gubernur Sulut, Sekprov Sulut Edwin Silangen, KPK RI dan jajaran Direksi Bank SulutGo.

Jeffry Dendeng selaku Direktur Utama Bank SulutGo menyampaikan bahwa merupakan satu kebangaan dimana pemerintah kabupaten/kota se-Sulut mempercayakan pengelolaan keuangannya kepada Bank Sulutgo.

"Terima kasih kepada KPK yang telah mempercayakan Bank SulutGo sebagai mitra dengan pemerintah kabupaten/kota untuk pemanfaatan alat rekam pajak online di Sulut," ucapnya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulutgomalut, Darwisman dalam sambutannya menyampaikan bahwa OJK sangat mengapresiasi atas penyelengaraan penandatanganan MOU dan PKS ini.

"Sesuai fungsi tugas OJK selaku Otoritas pengatur dan pengawas dari Bank Sulutgo, OJK akan melakukan pemantauan bagaimana implementasi dari MOU dan PKS yang ditandatangani hari ini, khususnya terkait implementasi text online yang dilaksanakan di provinsi Sulut," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Nawawi Pomolango mengungkapkan enam bidang tugas pokok tugas KPK yaitu tugas pencegahan melakukan tindakan-tindakan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, sekaligus tugas utama KPK; tugas koordinasi dengan instansi yang melaksanakan pemberantasan korupsi dan pelayanan publik; tugas monitoring terhadap penyelengaraan pemerintahan; tugas supervisi terhadap instansi yang melaksanakan pemberantasan korupsi; tugas penyelidikan dan penuntutan terhadap perkara tindak pidana korupsi dan tugas melaksanakan penetapan atau putusan hakim yang telah berkekuatan tuntutan.

“Dari semua tugas KPK inilah kemudian kita ada di tempat ini,” pungkas Nawawi.

Terlihat yang hadir dalam kegiatan ini Kepala Koordinator Wilayah III KPK, Kepala Satgas Koordinator Wilayah Pencegahan III KPK, Jajaran Pemprov. Sulut, Kepala BAPENDA/BPKAD dari seluruh pemerintah kabupaten/kota di wilayah Sulut. (dkips/ik)

  • Jumat, 06 November 2020 - 04:35:52 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya