ENAM RANPERDA DIGENJOT DPRD SAMPAI AKHIR TAHUN 2020

  • Jumat, 25 September 2020 - 05:19:56 WIB
  • Administrator
ENAM RANPERDA DIGENJOT DPRD SAMPAI AKHIR TAHUN 2020

ENAM RANPERDA DIGENJOT DPRD SAMPAI AKHIR TAHUN 2020

Pembentukan Kecamatan Marampit dan Kecamatan  Bannada mendapat Perhatian serius Pemerintah dan DPRD

MELONGUANE.DPRD.TALAUDKAB.GO.ID. Pada hari Rabu 23 September 2020, Pk.10:00 wita, Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD menggelar rapat kerja bersama Pemerintah Daerah. Rapat dipimpin oleh Ketua Bapemperda DPRD Gerson Essing, SH dan dihadiri oleh personil Bapemperda Janastasya C Parapaga, SE,S.Kom, Lily Sahoa, Semuel Taliisan, sementara Pemerintah Daerah diwakili oleh Unit Kerja yang menangani Bidang Hukum yakni Asisten I, Kabag Hukum, dan Kabag Ekonomi.

Dari 14 Ranperda yang masuk dalam daftar Propemperda Tahun 2020 ada 11 Ranperda merupakan usul dari Pemerintah Daerah sementara 3 Ranperda lainnya merupakan prakarsa/inisiatif  DPRD. Dari 11 Ranperda Usul Pemerintah Daerah 1 diantaranya sudah berhasil disepakati oleh DPRD bersama Bupati yaitu Ranperda RPJMD Tahun 2020 – 2025. Selain Ranperda yang masuk dalam Propemperda Tahun 2020, ada 1 buah Ranperda usulan Pemerintah Daerah yang merupakan Ranperda di luar Propemperda Tahun 2020 yang diajukan ke DPRD pada Tanggal 16 September Tahun 2020 yaitu Ranperda tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Maka dengan mengacu pada ketentuan pasal 16 ayat 5 Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah sebagaimana telah diubah dengan Permendagri  Nomor 120 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, disebutkan bahwa baik Pemerintah Daerah maupun DPRD dapat mengusulkan Ranperda di luar Propemperda yang sudah ada dengan pertimbangan-pertimbangan seperti : mengatasi keadaan luar biasa, keadaan konflik atau bencana alam, menindak lanjuti kerjasama dengan pihak lain, mengatasi keadaan tertentu lainnya yang memastikan adanya urgensi atas suatu Ranperda yang dapat disetujui bersama oleh Bapemperda dan Pemerintah Daerah, serta melaksanakan Perintah dari ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi setelah Propemperda ditetapkan. Maka dalam rapat kerja tersebut bahwa Ranperda tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) disepakati untuk dimasukkan dalam daftar 6(enam) Ranperda yang diprioritaskan untuk dibahas bersama antara DPRD dengan Pemerintah Daerah sampai dengan akhir Tahun Anggaran 2020.

Berdasarkan Agenda Kerja DPRD Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019/2020, ada 4 Ranperda yang akan dimulai pembahasannya dengan diawali dengan penyampaiannya dalam Rapat Paripurna DPRD pada awal Oktober 2020. Merespon kesepakatan Bapemperda bersama perwakilan Pemerintah Daerah dalam Rapat Kerja tersebut maka secara khusus Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud JAKOP MANGOLE, SE memberikan sambutan positif serta harapan besar bahwa sisa waktu yang ada dapat digunakan secara maksimal untuk menyelesaikan target pembahasan Ranperda yang telah disepakati bersama. Ditambahkan pula oleh Ketua DPRD Bahwa khusus 2 buah Ranperda Pembentukan Kecamatan yang merupakan Prakarsa DPRD, saat ini tengah dalam proses persiapan untuk ditinjau oleh Pemerintah Provinsi dalam rangka menilai kelayakan untuk menjadi sebuah wilayah Kecamatan.

Asisten I Sekda Daud Malensang, S.Sos dalam Rapat Kerja bersama Bapemperda berjanji akan melaporkan progress Pembentukan 2 Kecamatan Baru di Kabupaten Kepulauan Talaud kepada Pimpinan Daerah Bupati Kepulauan Talaud untuk meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara segera turun meninjau 2  wilayah yang akan menjadi Kecamatan Baru di Kabupaten Kepulauan Talaud, setelah Tim dari Pemerintah Provinsi selesai meninjau lokasi 2 Kecamatan Baru maka proses selanjutnya adalah Gubernur Sulawesi Utara akan mengeluarkan Rekomendasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mendapatkan persetujuan atas Pembentukan 2 wilayah Kecamatan tersebut. Karena itu kepada masyarakat di wilayah Pulau Marampit dan masyarakat dari Desa Taruan sampai Desa Lahu yang yang merupakan cakupan wilayah yang akan dibentuk menjadi Kecamatan Bannada harap bersabar karena proses Pembentukan Kecamatan berbeda dengan Pembentukan Perda lainnya.

 

Diliput oleh : Santo Harikatan, SE

 

  • Jumat, 25 September 2020 - 05:19:56 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait